DESA WISATA BANJARASRI (Dewi Asri) Boro Peraih Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Saking banyaknya Daftar Tempat Wisata Terbaru di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Dewi Asri Peraih Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Desa Wisata Banjarasri atau Dewi Asri terletak sekitar 35 Km sebelah barat kota Yogyakarta, tepatnya di Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Potensi wisata di desa Wilayah di kawasan Perbukitan Menoreh ini cukup beragam, selain nuansa  pedesaan yang masih kental, para wisatawan dapat menikmati pesona alam dan budaya Desa Banjarasi dengan berpetualang di alam, wisata religi Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga, napak tilas salah satu Pahlawan nasional Jendral AH Nasution, belajar alat tenun bukan mesin (ATBM), belajar  pertanian, memancing, bermain lumpur, air atau menangkap ikan, maupun kegiatan live in. Berbagai kesenian tradisional seperti seni ketoprak, jathilan, solawatan, gejlog lesung, wayang kulit dapat Anda saksikan ditempat ini, selain itu  belajar membuat kerajinan ataupun naik kereta wisata sambil keliling kawasan menikmati suasana Desa Wisata Banjarasri semua sudah tersedia di tempat ini.


Disamping itu diwilayah ini terdapat pula tempat outbound Dolan Ndeso Boro, yang menyediakan fasilitas home-stay, ruang meeting, ruang pelatihan in/outdoor, camping area, outbound area yang semuanya berada dalam suasana yang nyaman di desa Boro Banjarasri Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.
Melalui Desa Wisata Dewi Asri (Desa Wisata Banjarasri) mengajak orang untuk menikmati indahnya nilai harmonisasi, baik antar manusia maupun harmonisasi antar seluruh unsur alam.

Desa Wisata Banjarasri pada bulan September 2012 yang lalu berhasil masuk 15 besar Desa Wisata terbaik dan berhak maju mewakili Kabupaten Kulon Progo untuk Tingkat Nasional. Pada akhirnya Desa Wisata Banjarasri berhasil meraih Juara kedua Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2012 dan berhak menerima penghargaan dari Kemenparekraf bersama 2 desa wisata terbaik lainnya. Tiga desa wisata terbaik tersebut adalah: Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY sebagai juara pertama. Disusul dengan Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta di posisi kedua serta terakhir Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah ada di posisi ketiga. 

Objek Wisata Terbaru di Desa Banjarasri Kalibang Kulon Progo, antara lain: Puncak Kuda Sembrani, Gardu Pandang Kuang Singa serta beberapa tempat wisata lainnya yang masih dalam proses pengembangan.

Itulah ulasan singkat Destinasi Tempat Wisata Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Silahkan Anda pilih jenis wisata yang paling Anda prioritaskan untuk terlebih dahulu dikunjungi sebelum pergi ke tempat wisata di Kulon Progo yang lainnya. Anda dapat sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda yang berdekatan dengan objek wisata yang sedang Anda kunjungi, semoga bermanfaat.