TAMAN DOA BUNDA MARIA PELINDUNG KELUARGA BORO

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Saking banyaknya Tempat Wisata Keren di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta

Wisata Religi Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga Boro Kalibawang

Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga berada di Komplek Peziarahan Makam Romo Prennthaler Boro merupakan salah satu objek wisata religi bagi umat Katholik di wilayah Paroki Boro, Nanggulan, Pojok, Klepu maupun wilayah Yogyakarta lainnya. Objek wisata religi Makam Romo Prenthaller ini terletak di Boro Banjarasri Kecamatan Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta masih dalam satu lokasi Desa Wisata Banjarasri. Sebelum dikomplek di bangun Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga, Peziarahan Makam Romo Prennthaler ini setiap malam Jumat Kliwon diadakan perayaan misa ekaristi untuk mengenang dan mendulang semangat serta meneladan hidup Romo Prenthaller yang dihadiri oleh para peziarah dari berbagai wilayah, baik dari daerah Kalibawang, Nanggulan maupun Sleman serta wilayah sekitarnya.

 Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga
Menurut sejarahnya Romo J. Prenthaler SJ merupakan salah satu misionaris yang berkarya di daerah sekitar perbukitan Menoreh (Boro, Promasan, Kalibawang, Nanggulan dan sekitarnya), Romo JB.Prenthaler SJ juga yang mempunyai gagasan untuk menjadikan Sendangsono sebagai tempat suci karena airnya sudah diberkati yang sampai saat ini terkenal sebagai tempat wisata religi Goa Maria Lourdes Sendangsono yang lokasinya terletak di Promasan, Bajaroya Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak karya warisan Romo Prenthaller yang sampai sekarang terus berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pendikan, kesehatan, seperti sekolah, rumah sakit, panti asuhan dan sebagainya.
Kisah perjalanan karya agung misioner Pastor YB Prenthaler SJ ini sudah dibuat film oleh Komisi Komsos Keuskupan Agung Semarang (KAS) dengan judul “Pedibus Apostolorum” yang artinya Jejak Rasul di Perbukitan Menoreh. Film berdurasi 101 menit itu menceritakan perjalanan kerasulan (pedibus apostolorum) Romo Prennthaler.
 
Cuplikan Film “Pedibus Apostolorum”

Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga
Pada tanggal 7 Januari 2018 telah diresmikan Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga di Komplek Peziarahan Romo JB. Prennthaler, SJ. oleh Bapak Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko serta Bupati Kulon Progo, Bapak dr. Hasto Wardoyo. SP. OG.(K).
Objek wisata sekitar tempat ini antara lain: Goa Maria Sendangsono, Desa Wisata Banjaroya, Puncak Suroloyo, Desa Wisata Nglinggo, Gua Maria Watu Blencong dan lain sebagainya.
Itulah ulasan singkat Destinasi Tempat Wisata Religi Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Silahkan Anda pilih jenis wisata yang paling Anda prioritaskan untuk terlebih dahulu dikunjungi sebelum pergi ke tempat wisata di Kulon Progo yang lainnya. Anda dapat sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda yang berdekatan dengan objek Wisata Religi Makam Romo Prennthaler (Taman Doa Bunda Maria Pelindung Keluarga), semoga bermanfaat.