WISATA RELIGI MAKAM KYAI KRAPYAK TSANI KALIBAWANG

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Saking banyaknya Tempat Wisata Keren di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Makam Simbah Kyai Krapyak Tsani merupakan salah satu objek wisata religi yang berada di lokasi Desa Wisata Banjaroya Kalibawang Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, lokasinya tidak jauh dari Objek Wisata Religi Goa Maria Sendangsono (tempat jiarah umat Katholik), Makam Nyi Ageng Serang (salah satu pahlawan nasional wanita) maupun objek Wisata Ancol Kalibawang serta Embung Banjaroya (waduk mini buatan di atas bukit). Makam Kyai Krapayak Tsani ini cukup dikenal oleh sebagian besar penduduk Yogyakarta sebagai tempat ziarah umat Islam khususnya para kaum Nahdiiyin. 

 Makam Simbah Kyai Krapyak Tsani

Pada setiap bulan Sapar menurut kalender Jawa di lokasi Makam Kyai Krapyak Tsani ini diadakan acara peringatan khaul untuk Simbah Kyai Krapyak Tsani yang selalu ramai dipadati para pejiarah. Lokasi Makam Kyai Krapyak Tsani berada di Jalan Raya Sentolo-Muntilan Magelang, tepatnya di Desa Wisata Banjaroya Kulon progo. Rute perjalanan menuju lokasi makam Kyai Krapyak Tsani dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari arah kota Yogyakarta menuju Muntilan, setelah itu menuju ke arah Watu Congol ke arah Kalibawang.Di wilayah ini Anda dapat menjumpai banyak aneka jenis kuliner khas Kalibawang seperti slondok, gula jawa, emping, wader goreng (sejenis ikan kali) dan sebagainya. 

Di kawasan Banjaroya ini juga terkenal sebagai daerah penghasil Durian Menoreh yang setiap tahun diadakan acara Festival Durian Menoreh.  Fasilitas wisata yang tersedia di Banjaroya selain sarana transportasi juga tersedia homestay bagi anda yang ingin menginap maupun wisma retreat yang dipergunakan untuk berbagai keperluan retreat, pelatihan, meeting dan sebagainya. 

Objek wisata sekitar daerah ini yang dapat anda kunjungi antara lain: Desa Wisata Banjarasri, Dolan Deso Boro, Puncak Suroloyo, Wisata Alam Nglinggo, Kebun Teh Nglinggo, Grojogan Sewu maupun ke arah Candi Borobudur Magelang.
Itulah sekilas informasi tentang Objek Wisata Religi Makam Kyai Krapyak Tsani di Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta. Semoga dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Itulah ulasan singkat Destinasi Tempat Wisata Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Silahkan Anda pilih jenis wisata yang paling Anda prioritaskan untuk terlebih dahulu dikunjungi sebelum pergi ke tempat wisata di Kulon Progo yang lainnya. Anda dapat sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda yang berdekatan dengan objek wisata yang sedang Anda kunjungi, semoga bermanfaat.