Jogja Agro Techno Park (JATP) Kulon Progo Jogja

JATP atau Jogja Agro Techno Park Kulon Progo Jogja merupakan komplek wisata pendidikan terpadu yang dibangun sebagai sarana media edukasi pertanian bagi masyarakat wilayah Jogja dan sekitarnya. JATP adalah Kawasan dengan fasilitas Agribisnis dan Agrotourism. JATP mulai dibangun oleh PEMDA DIY pada tahun 2018 yang berlokasi di Kalurahan Wijilan, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat replika Binatang Ditemani Becak dan Sepeda Onthel.

Fasilitas Wisata

Area taman Jogja Agro Techno Park Kulon Progo mempunyai beragam fasiltas wisata, area cukup luas dengan menyajikan berbagai spot foto menarik. Terdapat beberapa patung hewan seperti kambing serta sapi. Wisata Kulon Progo terbaru yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga khususnya untuk anak-anak. 

Terdapat ratusan pot yang ditata dengan desain unik dan menarik, ada patung prajurit Kraton Jogja atau Bregada yang berada di sudut pintu masuk.

Pada sudut lain terdapat beberapa buah becak asli serta beberapa koleksi sepeda onthel jadul, tata ruang taman serta spot sangat menarik dan unik sehingga para pengunjung dapat menikmati liburan secara puas.

Fungsi Jogja Agro Techno Park Kulon Progo Jogja

Fungsi Jogja Agro Techno Park Kulon Progo Jogja / JATP antara lain sebagai : 

  1. Unit Pembelajaran (inkubator) agribisnis.
  2. Menumbuhkembangkan wirausahawan agribisnis (diversifikasi produk pertanian). 
  3. Lembaga pelatihan dan percontohan (Precision/modern farming, Sustainable farming, Urban farming, Organic farming, Corporate farming dll) 

Fasilitas wisata

Fasilitas yang dimiliki Jogja Agro Techno Park Kulon Progo Jogja / JATP antara lain : 

  1. Kantor UPTD dan Kantor Inkubator
  2. Gedung Pelatihan dan Gedung Asrama 
  3. Gudang Produksi 
  4. Lantai Jemur
  5. Gudang Alsintan
  6. Kolam Rekreasi 
  7. Green House
  8. Taman Biofarmaka 
  9. Restoran dan Kolam Ikan 
  10. Zona Edukasi bercocok tanam 
  11. Taman Durian Menoreh 
  12. Zona Kandang dan Kolam Ikan 
  13. Landscape 

Sampai saat ini, Jogja Agro Techno Park Kulon Progo Jogja/JATP masih dalam proses pembangunan dan belum resmi dibuka. Namun, para sahabat wisata diperbolehkan untuk berkunjung ke JATP gratis dan tidak dipungut biaya apapun dengan tetap menjaga kebersihan dan menaati peraturan yang ada.