Gerbang Samudera Raksa Kalibawang

Gerbang Samuderaraksa merupakan Replika kapal keren dengan ukiran gelombang melengkung dan layar logam bercap, yang menghadap ke air.Alamat: Klangan, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672.

Gerbang Samudera raksa  merupakan gerbang masuk menuju kawasan Candi Borobudur.
Gerbang Samudra Raksa dibangun oleh Kementerian PUPR sebagai petunjuk wisatawan masuk dari Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Terdapat 3 pintu gerbang masuk kawasan wisata Borobudur yang dibangun lagi selain Gerbang Samudra Raksa.Gerbang itu adalah Gerbang Singa, Gerbang Kalpataru dan Gerbang Gajah. Gerbang Singa dibangun di Palbapang Mungkid. Gerbang itu merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta. Gerbang Kalpataru di Blondo Mungkid. Gerbang Blondo ini merupakan pintu masuk wisatawan yang berasal dari arah Semarang.

Tempat Wisata Terbaru di Kalibawang Kulon Progo, antara lain: Puncak Kuda Sembrani, Wisata Bukit Beton (WBB), Wisata Maung Watu Tumpang, Giri Sembung serta beberapa tempat wisata lainnya yang masih dalam proses pengembangan.

Itulah salah satu Daftar tempat wisata terbaru di Kalibawang Kulon Progo Utara yang dapat anda jadikan sebagai destinasi tujuan wisata anda selama liburan di Kulon Progo.