FESTIVAL DURIAN MENOREH KALIBAWANG KULON PROGO YOGYAKARTA

Festival Durian Menoreh Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta - Festival Durian Menoreh merupakan sebuah acara yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan hasil Durian Menoreh unggulan khas Kalibawang Kulon Progo serta untuk mengontrol kualitas agar sebanding dengan harga durian Kalibawang yang lebih tinggi karena rasanya khas dan banyak digemari oleh penggemar durian dari berbagai daerah.   

Kegiatan Festival Durian Menoreh ini merupakan event tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan brand Desa Wisata Banjaroya Kalibawang sebagai sentra durian terbaik. Dalam Festival durian tahun 2014 kemarin, acara dikemas dalam berbagai kegiatan, antara lain kontes durian versi penggila durian, bazar durian, adu foto gila durian serta lelang durian.

Dalam Festival Durian Menoreh tersebut tidak hanya durian saja yang dapat dijumpai melainkan juga Buah Naga, Manggis, Rambutan, Pete, Gula Jawa sampai makanan slondok sebagai makanan khas tradisonal  andalan daerah Kalibawang, Kulon Progo.
Acara Festival Durian Menoreh tersebut dilaksanakan bertempat di Rest Area Pasar Bendo, Banjaroya, Kalibawang Kulon Progo dimana lokasinya masih dalam wilayah Desa Wisata Banjaroya, Obyek Wisata Religi Gua Maria Lourdes Sendangsono serta Obyek Wisata Ancol Kalibawang.

Berbagai jenis durian yang ditawarkan dalam Festival Durian Menoreh tersebut cukup beragam yang berasal dari para petani durian di wilayah Kalibawang. Harga jual buah durian mulai dari harga Rp. 20.000-an hingga Rp. 100.000-an untuk varian durian lokal serta harga antara Rp. 50.000-an sampai dengan 150.000-an untuk varietas Durian Menoreh kuning ataupun Durian Menoreh jambon.

Dengan adanya kegiatan Festival Durian Menoreh tersebut diharapkan Durian Menoreh Kalibawang Kulon Progo akan lebih dikenal secara luas serta para konsumen akan merasa puas terhadap buah Durian Menoreh Kalibawang.  Bagi para penggila durian yang belum sempat datang dalam acara tersebut harap bersabar dan kita tunggu Festival Durian Menoreh di tahun berikutnya.