DAFTAR OBYEK WISATA PANTAI DI KULON PROGO JOGJA

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Saking banyaknya Tempat Wisata Keren di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.   

Daftar Objek Wisata Pantai Di Kulon Progo Yogyakarta

Daftar Objek Wisata Pantai Di Kulon Progo Yogyakarta - Wilayah Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi wisata yang beraneka ragam, mulai dari Wisata alam, wisata budaya, wisata religi, desa wisata, kuliner, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa obyek wisata pantai yang cukup dikenal, yaitu sebagai berikut:


-Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah merupakan pantai dengan hamparan pasir yang luas dan semakin indah ketika sunrise ataupun sunset. Terddapat kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting dan laguna glagah untuk berperahu wisata, olah raga kano, kayak atau berenang. Selain itu juga ada agrowisata buah naga, melon, semangka dan cabai yang di kelola oleh masyarakat.

Obyek Wisata Pantai Glagah Indah terletak lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum bus atau minibus jurusan Yogyakarta-Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju Pantai Glagah Indah.
Kawasan glagah tuna dipakai untuk event rutin motocross, festival layang-layang di bulan juli, dan pesta kembang api tahun baru. Pantai glagah menjadi muara sungai serang yang sekaligus pintu masuk kepelabuhan ikan tanjung adi karta. Sisi barat sungai serang menjadi camping ground dan dermaga wisata. Pantai glagah kira-kira 10 Km dari kota Wates dan kurang lebih2 Km dari jalan raya Jogja - Jakarta.

-Pantai Trisik
Pantai Trisik ini terletak lebih kurang 37 kilometer dari kota Yogyakarta dan dapat dicapai melalui Palbapang. Dari simpang Palbapang ini kemudian membelok ke arah Srandakan, kemudian dilanjutkan ke daerah Brosot dengan melintasi jembatan yang melintang di atas sungai Progo sepanjang lebih kurang 600 meter.  Pantai Terisik menjadi tempat para nelayan mendaratkan perahudan Tempat Penjualan Ikan untuk jual beli ikan segar dari laut.


Terdapat laguna-laguna yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk perikanan. Muara sungai Progo yang terletak di sebelah timur kawasan Pantai trisik sering menjadi tempat pengamatan burung dan lokasi penangkaran habitat penyu yang di kelola swadaya masyarakat.
 
-Pantai Congot
Pantai Congot membentang luas sepanjang 6,5 Km, terletak di Jangkaran, Temon di sebelah banal Pantai Galagah atau 15 Km dari Wates.

Pantai Congot berada di muara Sungai Bogowonto dengan pemandangan laguna yang indah dan terdapat banyak ikan. Kawasan pantai ini sangat cocok untuk kegiatan memancing serta menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup mereka sebagai nelayan. 

Disamping itu, potensi  hasil laut di Pantai Congot dimanfaatkan penduduk sekitar untuk membudidayakan ikan dan udang di tambak.

-Pantai Bugel Pantai bugel merupakan deretan pantai di sebelah selatan Pulau Jawa,  terjangan ombak di pantai ini terkenal cukup dahsyat.
Walaupun demikian di Pantai Bogel  ini dijadikan tempat para nelayan untuk mencari nafkah, di Pantai Bogel ini pula terdapat semacam tempat pelelangan ikan yang tidak begitu besar. 

Silahkan Baca Juga 70 Tempat Wisata di Kulon Progo Jogja

Itulah  Daftar Objek Wisata Pantai Di Kulon Progo Yogyakarta yang dapat Anda jadikan sebgai tujuan liburan di wilayah Kulon Progo, semoga bermanfaat...