Jumat, 18 April 2014

MAKAM ASTANA GIRIGONDO MAKAM RAJA PAKU ALAMAN

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sebelah barat Yogyakarta yang memiliki pesona banyak menarik perhatian para wisatawan, selain karena memiliki bandara udara baru yang termegah di Indonesia saat ini yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) juga karena di Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, wisata alam pegunungan, wisata pantai, wisata kota maupun wisata bersejarah lainnya.

Saking banyaknya Tempat Wisata Keren di Kulon Progo mengakibatkan para wisatawan bingung untuk memilih atau mengunjungi tempat wisata mana yang pantas untuk diprioritaskan. Untuk itu berikut ini kami sajikan ulasan beberapa tempat wisata Kulon Progo yang paling menarik untuk Anda kunjungi sebagai rekomendasi agar tidak bingung ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Makam Astanan Girigondo merupakan tempat peristirahatan terakhir atau makam Raja-raja Paku Alaman maupun kerabat Pakualaman yang lokasinya terletak di kawasan perbukitan Menoreh tepatnya di Dusun Girigonda, Kelurahan Kaligintung, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata religi  Makam Astana Girigondo ini dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 10 km dari kota Wates kearah barat.

Makam Astanan Girigondo

Makam Astana Girigondo ini terdiri dari 6 teras, dimana setiap terasnya dihubungkan dengan tangga atau trap. Teras yang pertama merupakan teras tertinggi dengan dikelilingi tembok serta pagar besi setinggi kurang lebih 2,40 meter dengan gapura dan pintu gerbang  terbuat dari besi. Area teras yang satu dengan ukuran kurang lebih 3,2 x 2,155 meter. Di tempat ini dimakamkan keluarga Pakualaman yakni isteri, anak dan menantu, dan sudah terdapat 32 makam. Pada teras ke-2 terletak disebelah selatan teras 1, dihubungkan dengan trap dan telah berisi 8 buah makam, berikutnya teras ke-3 sudah terdapat 2 makam, teras ke-4 sudah terdapat 3 buah makam yang merupakan kerabat jauh Pakualaman, teras 5 masih kosong, serta teras ke-6 terbagi menjadi 2 bagian yakni sebelah barat sudah ada 2 makam dan sebelah timur sudah ada 7 makam.

 

Makam Astana Girigondo ini pertama kali dipergunakan untuk pemakaman KGPAA Paku Alam V pada thun 1900, hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti yang menuliskan hal tersebut pada gapura makam, teras 1.

 

Anda penasaran dengan obyek wisata Makam Astana Girigondo ini, silahkan Anda sempatkan berkunjung kesana saat berlibur di Kulon Progo.

Itulah ulasan singkat Destinasi Tempat Wisata Kulon Progo yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Silahkan Anda pilih jenis wisata yang paling Anda prioritaskan untuk terlebih dahulu dikunjungi sebelum pergi ke tempat wisata di Kulon Progo yang lainnya. Anda dapat sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda yang berdekatan dengan objek wisata yang sedang Anda kunjungi, semoga bermanfaat.