ANEKA KULINER KHAS KULON PROGO JOGJA

Aneka Kuliner Khas Kulon Progo - Wilayah Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa jenis makanan tradisional khas yang disukai banyak orang. Makanan khas Kulon Progo saat ini dapat diperoleh di beberapa tempat yang menyajikan seluruh aneka olahan tersebut, seperti di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh Khas Kulon Progo.

Akan tetapi kalau Anda mau menemukan jenis makanan khas yang alami dan langsung dari para pembuatnya, silahkan datang langsung ke pasar tradisional. Biasanya yang masih menjajakan makanan ini dengan cita rasa tempo dulu adalah nenek-nenek yang dijual dengan bungkus daun.

Geblek dan Tempe Benguk

Berbagai jenis makan/kuliner khas tersebut terbuat dari beberapa bahan makanan sederhana tanpa pengawet sehingga membuat aneka makanan olahan tersebut tidak dapat bertahan lama.
Berikut ini Beberapa Jenis Makanan Khas asli Kulon Progo yang harus dicicipi:
1. Geblek
Geblek adalah ciri khas atau kuliner khas Kulon Progo dan terbuat dari tepung tapioca dengan bumbu bawang putih dan pelengkap lainnya. Bentuknya bulat-bulat berwarna putih dengan rasa kenyal atau alot. Sangat nikmat saat dinikmati bersama dengan pasangannya yaitu tempe beguk.

2. Tempe Benguk
Tempe benguk merupakan jenis makanan yang mirip dengan tempe pada umumnya, hanya saja bahan pembuatnya adalah koro. Biasanya dimasak dengan cara di “sengek” atau bumbu santan. Rasanya sangat gurih dan cocok sebagai pasangan saat makan geblek.

3. Growol
Growol terbuat dari ketela singkong dengan rasa khas yang kadang bisa membuat seseorang nyengir karena aromanya. Tapi setelah mencoba pasti akan menghiraukan bau itu. Sebelum pada proses penggilingan singkong akan dibersihkan kulitnya kemudian dicuci hingga bersih.
Setelah itu direndam selama 3 hari baru diolah dan kemudian dikemas dengan keranjang bambu. Untuk ukuran makanan jadul growol termasuk bisa tahan lama karena bisa bertahan selama 4 hari.

4. Cenil atau Cetot
Memiliki ciri khas warna-warni dan bentuk lucu dengan taburan kelapa. Rasanya manis karena taburan gula pasir yang ada diatasnya. Bentuknya saat ini tidak lagi monoton, bisa berbentuk bulat-bulat atau bisa juga berbentuk lonjong. Makanan unik ini terbuat dari sari pati ketela pohon. Di beberapa tempat ada yang mengatakan bahwa cenil ini memiliki nama lain cetot.
Selain 4 makanan asli Kulon Progo diatas sebenarnya masih ada beberapa kuliner lain yang tak kalah jadul dan terkenal. Tapi sebelum mencoba yang lain ada baiknya menuntaskan dengan 4 itu dulu. 


5. Selondok
Wilayah yang paling terkenal sebagai penghasil makanan khas slondok adalah Kalibawang, Makanan selondok terbuat dari singkong yang diolah menjadi makanan yang gurih dan nikmat.

Makanan khas Kulon Progo saat ini dapat diperoleh di beberapa tempat yang menyajikan seluruh aneka olahan tersebut, seperti di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh Khas Kulon Progo.