Profil Desa Wisata Sidoharjo Kulon Progo

JOGJAKU.WEB.ID - Desa Wisata Sidoharjo Kulon Progo Jogja memiliki pemandangan yang indah dan alami dengan Bukit Menoreh sebagai latar belakang dan daya tarik wisatanya. 

Wilayah Desa Sidoharjo terdiri dari 18 Pedukuhan yang dibagi menjadi tiga wilayah. Ketiga wilayah pedukuhan ini sekarang menjadi lokasi wisata desa yang indah dan banyak dikunjungi wisatawan. Tanah-tanah yang ada di ketiga wilayah pedukuhan ini dipenuhi dengan perkebunan cengkeh, kopi, dan kakao. Wilayah ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan sawah padi. Selain itu, terdapat potensi wisata air terjun Curug Sidoharjo, Samigaluh.

Hutan di Desa ini dihuni oleh beberapa hewan langka dan liar, seperti kera ekor panjang yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan ekor. Ada juga Musang atau Luak, tetapi jumlahnya sudah tidak banyak. Ada juga harimau tutul yang jumlahnya sangat sedikit. Selain itu ada juga Garangan, Trenggiling, dan Biawak.


Pemandangan di embung ini terbilang bagus dan sangat sejuk karena berada di pegunungan Menoreh, recommended buat kamu yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari- hari. Masih tergolong wisata baru, tapi banyak juga kaum milenial yang berkunjung kesini untuk mengabadikan foto atau sekedar melihat sunset yang memukauPemandangan apa sih yang dapat dilihat dari Puncak Suroloyo?. Kalau cuaca sedang bagus, kamu dapat melihat Candi Borobudur, Kota Magelang, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. 

Kunjungi Desa Sidoharjo jika anda ingin melihat air terjun tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Curug Sidoharjo. Air Terjun (Bahasa jawa = Curug) Sidoharjo adalah air terjun yang berada di kawasan pegunungan Menoreh di Kulon Progo. Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Perawan Dengan memegang predikat sebagai air terjun tertinggi di Yogyakarta, air terjun Sidoharjo saat ini menjadi tujuan wisata di Kulon Progo.

Satu hal yang menarik di Siduharjo adalah kera ekor panjang yang berkembang biak secara alami di hutan Menoreh, di sekitar Air Terjun Sidoharjo dan Gunung Kendil. 

Potensi Wisata Sidoharjo Kulon Progo

Seni dan budaya berkembang dengan baik di sana dana di jaga kelestariannya. Di Sidoharjo, sejalan dengan kehidupan sehari - hari sebagian besar warga sebagai petani. 

Bio Menoreh kopi, berbagai produk makanan lokal adalah daya tarik tersendiri untuk menikmati paket wisata di Desa Wisata Sidoharjo. Kopi Moka Menoreh merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner di Desa ini.