LOMBA DESAIN BATIK KULON PROGO

Lomba Desain Batik Kulon Progo - Dalam rangka mewujudkan nilai-nilai filosofi, proses kreativitas yang terkandung dalam selembar kain batik, yang penuh dengan unsur corak, warna / jenis kain yang mengandung nilai tradisi budaya agar supaya terus dilestarikan oleh putra-putri bangsa, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kembali menyelenggarakan Lomba Desain Busana Batik Khas Kulon Progo 2014 (Geblek Renteng) dengan Total Hadiah Senilai Rp.70.000.000 (Tujuh Puluh Juta Rupiah).

Kunjungan Menteri Mari Elka Pengestu di Kulon Progo

Lomba ini menyajikan Desain Busana Batik Khas Kabupaten Kulon Progo (Geblek Renteng) yang diharapkan mampu menggambarkan nilai-nilai luhur serta keunikan batik Kulon Progo, dan bisa menyampaikan filosofi dan semangat untuk maju kepada masyarakat dan memperkenalkan warisan budaya bangsa dengan kreativitas dan ide-ide baru dalam pengembangannya. 
 
Lomba Desain Busana Batik Khas Kulon Progo ini dibagi dalam dua kategori busana yaitu; Busana Kerja dan Busana Casual untuk Pria dan wanita. Pendaftaran dimulai pada tanggal 15 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 15 September 2014, dan penyerahan hasil karya paling lambat pada tanggal 30 September 2014 di Sekretariat lomba Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Kulon Progo, Jalan Ki Josuto, Wates, Kulon Progo.
Berikut ini Syarat dan Ketentuan  Lomba Desain Busana Batik Khas Kulon Progo 2014:

Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo Tahun 2014
Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kembali mengadakan kegiatan Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulon Progo Tahun 2014 yang bisa diikuti oeh khalayak umum. Kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan:
1.           Memperkenalkan motif batik  khas Kabupaten Kulon Progo (Geblek Renteng) melalui kreasi desain busana
2.           Menggali ide kreatifitas dan apresiasi masyarakat dalam merancang busana batik Geblek Renteng
3.           Meningkatkan kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik
4.           Memperkaya khasanah desain busana batik khas Kulon Progo
5.           Meningkatkan promosi batik Geblek Renteng
6.           Memajukan industri batik di Kulon Progo, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.
7.           Memperkaya khasanah desain busana batik khas Kulon Progo
Adapaun tema yang bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin mengikuti lomba ini adalah : BUSANA BATIK KHAS KULON PROGO SEBAGAI IDENTITAS DAN WARISAN BUDAYA BANGSA
Kategori Lomba akan terbagi dalam berbagai kategori yang tercantum seperti di bawah ini:
1.           Busana / pakaian kerja Pria
2.           Busana / Pakaian Kerja Wanita
3.           Busana / pakaian kasual Pria
4.           Busana / pakaian kasual Wanita (konvensional/muslim)
Persyaratan mengikuti Lomba
1. Peserta atas nama perorangan dan terbuka untuk umum.
2. Desain busana batik adalah desain yang dapat diaplikasikan untuk batik tulis maupun batik cap dengan motif Geblek Renteng yang merupakan motif batik khas Kulon Progo.
3. Hasil karya harus orisinil, dibuat sendiri, bukan tiruan dari desain busana batik lain dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba.
4.  Mengisi formulir pendaftaran. Formulir dapat di download di www.kulonprogokab.go.id  atau mengambil di sekretariat lomba mulai tanggal 15 Agustus sd 15 September 2014.
5. Formulir pendaftaran  dikirim paling lambat tanggal  15 September 2014 (Cap Pos ), sedangkan karya busana dikirim paling lambat tanggal 30 September 2014 (cap Pos), dengan melampirkan sketsa desain busana yang dibuat, ke Sekretariat Lomba, Dinas Perindag ESDM Kab.Kulon Progo, Jl. Ki Josuto, Wates, Kulon Progo, Telp.(0274) 773073, Kode Pos 55652
6. Panitia tidak diperkenankan mengikuti lomba.
Ada total hadiah tujuh puluh juta rupiah untuk seluruh pemenang dalam lomba ini, dan masih tersedia juga trophy dan piala. Dari 4 kategori Lomba tersebut masing-masing kategori lomba akan diambil juara 1, juara 2, dan juara 3 dengan hadiah uang tunai masing-masing sebesar 6 juta, 5 juta dan 4 juta rupiah disamping mendapatkan trophy dan piala.
Jangan lewatkan kesempatan ini, Segera daftarkan diri Anda…
Info Selengkapnya: www.kulonprogokab.go.id